Thursday, March 14, 2013

Manfaat Buah Sirsak Bagi Kesehatan

Khasiat Buah Sirsak Untuk Kesehatan. Sirsak, nangka belanda, atau durian belanda (Annona muricata L.) adalah tumbuhan berguna yang berasal dari Karibia, Amerika Tengah dan Amerika Selatan. Di berbagai daerah Indonesia dikenal sebagai nangka sebrang, nangka landa (Jawa), nangka walanda, sirsak (Sunda), nangka buris (Madura), srikaya jawa (Bali), boh lôna (Aceh), durio ulondro (Nias), durian betawi (Minangkabau), serta jambu landa (di Lampung). Penyebutan "belanda" dan variasinya menunjukkan bahwa sirsak (dari bahasa Belanda: zuurzak, berarti "kantung asam") didatangkan oleh pemerintah kolonial Hindia-Belanda ke Nusantara, yaitu pada abad ke-19, meskipun bukan berasal dari Eropa.



Tanaman ini ditanam secara komersial untuk diambil daging buahnya. Tumbuhan ini dapat tumbuh di sembarang tempat, paling baik ditanam di daerah yang cukup berair. Nama sirsak sendiri berasal dari bahasa Belanda Zuurzak yang berarti kantung yang asam.


Tanaman ini ditanam secara komersial atau sambilan untuk diambil buahnya. Pohon sirsak bisa mencapai tinggi 9 meter. Di Indonesia sirsak dapat tumbuh dengan baik pada ketinggian 1000 m dari permukaan laut.

Buah sirsak bukan buah sejati, yang ukurannya cukup besar hingga 20-30cm dengan berat mencapai 2,5 kg. Yang dinamakan "buah" sebenarnya adalah kumpulan buah-buah (buah agregat) dengan biji tunggal yang saling berhimpitan dan kehilangan batas antar buah. Daging buah sirsak berwarna putih dan memiliki biji berwarna hitam. Buah ini sering digunakan untuk bahan baku jus minuman serta es krim. Buah sirsak mengandung banyak karbohidrat, terutama fruktosa. Kandungan gizi lainnya adalah vitamin C, vitamin B1 dan vitamin B2 yang cukup banyak. Bijinya beracun, dan dapat digunakan sebagai insektisida alami, sebagaimana biji srikaya.

Buah sirsak memang menawarkan berbagai kandungan positif bagi kesehatan manusia, mulai dari buahnya, daunnya, bahkan pohonnya. Telah banyak diketahui bahwa buah sirsak banyak mengandung vitamin C, kandungan serat dan nutrisi penting lainnya banyak terkandung dalam buah yang banyak ditemui di negara Tropis ini. Indonesia merupakan salah satu negara yang mempunyai pohon sirsak yang banyak. Tapi ternyata pemanfaatannya hanya sebatas pada buahnya saja, ini karena kurangnya pengetahuan tetang manfaat daun sirsak.

Daun sirsak ternyata mengandung banyak manfaat untuk bahan pengobatan herbal, dan untuk menjaga kondisi tubuh. Dibalik manfaatnya tersebut ternyata tak lepas dari kandungannya yang banyak mengandung acetogenins, annocatacin, annocatalin, annohexocin, annonacin, annomuricin, anomurine, anonol, caclourine, gentisic acid, gigantetronin, linoleic acid, muricapentocin. Kandungan senyawa ini merupakan senyawa yang banyak sekali manfaatnya bagi tubuh, bisa sebagai obat penyakit atau untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

Nah berikut ini ada beberapa manfaat dan khasiat dari buah sirsak mau tahu apa aja itu simak 5 Manfaat dan Khasiat Buah Sirsak berikut ini.

1. Serat
Buah sirsak memiliki banyak serat yang terkadung didalamnya dengan mengkonsumsi serat maka sistem pencernaan kita akan lebih lancar serta dapat membantu mengontrol kadar kolesterol.

2. Karbohidrat
Secangkir sirsak mengandung hampir 38 g karbohidrat, yang merupakan sumber energi utama dari tubuh Anda. Asupan karbohidrat harian Anda harus mencapai 45-65 persen dari kalori tubuh, yaitu 225-325 g per hari untuk diet 2.000 kalori. Selain itu, jenis karbohidrat yang terkandung dalam buah jauh lebih sehat daripada yang ditemukan dalam soda atau kue karena mereka dapat memicu peningkatan gula darah.

3. Kalium
Sirsak yang merupakan buah yang sangat kaya akan kandungan kalium. Kalium sendiri sangat dibutuhkan tubuh untuk kontraksi tulang, pencernaan dan mengatur tingkat tekanan darah yang sehat.

4. Vitamin C
Sirsak adalah buah yang sangat kaya akan vitamin C. Perempuan harus memenuhi asupan 75 mg vitamin C per hari, sedangkan laki-laki sekitar 90 mg per hari. Vitamin C berperan penting dalam sistem kekebalan dan membantu tubuh melawan penyakit, termasuk kerusakan kulit, dan menyembuhkan luka. Selain itu, vitamin C juga dianggap sebagai antioksidan, yang dapat melawan kerusakan akibat radikal bebas.

5. Air
Secangkir sirsak mengandung hampir 183 g air. Menurut MayoClinic.com, kebanyakan orang membutuhkan 8-9 gelas air setiap hari. Buah dengan kadar air yang tinggi, termasuk sirsak, dapat membantu mencegah dehidrasi.

Buah Sirsak Dapat Membunuh Sel Kanker

Sebuah penelitian yang diterbitkan di Journal of Natural Product menemukan bahwa salah satu senyawa dalam sirsak bisa membunuh sel kanker usus besar. Kekuatannya bahwa 10.000 kali lebih besar dibandingkan obat kemoterapi Adriamycin.

Penelitian yang dilakukan di Catholic University of South Korea ini menemukan bahwa ekstrak sirsak memiliki beberapa kemampuan hebat seperti menyerang kanker secara efektif dan aman bagi tubuh. Senyawa tersebut juga bisa melindungi sistem imun dan menghindari infeksi yang mematikan.

Selama terapi menggunakan sirsak, pasien tidak akan merasa lemah seperti saat kemoterapi. Sebaliknya mereka akan merasa semakin kuat dan sehat. Selain itu, sirsak juga bisa meningkatkan energi.

Peneliti menemukan bahwa pohon sirsak, kulit, biji, daun, dan yang lainnya telah lama digunakan sebagai bat-obatan oleh suku di pedalaman Amerika Selatan untuk mengobati penyakit jantung, asma, lever, dan arthritis, seperti dilansir oleh Informatics Outsourcing.

Meski saat ini buah sirsak belum digunakan dalam terapi kanker, namun tak ada salahnya mulai mengonsumsi buah yang kaya manfaat ini.

referensi :
-http://id.wikipedia.org/wiki/Sirsak
-http://www.merdeka.com/sehat/buah-sirsak-si-pembunuh-sel-kanker.html
-http://palingseru.com/16600/5-manfaat-dan-khasiat-buah-sirsak

Advertisement

0 comments:

Post a Comment

 
Toggle Footer