Manfaat Bawang Merah Bagi Kesehatan

Khasiat Bawang Merah Untuk Kesehatan. Bawang merah (Allium cepa L. Kelompok Aggregatum) adalah sejenis tanaman yang menjadi bumbu berbagai masakan Asia Tenggara dan dunia. Tanaman ini diduga berasal dari daerah Asia Tengah dan Asia Tenggara. Selain dijadikan sebagai bahan penyedap makanan, bawang merah mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan. Cara pengobatan dengan bawang merah yaitu dengan mengkonsumsi jus bawang merah. Apa saja manfaat bawang merah bagi kesehatan, yuk kita simak dibawah ini :

1. Menyembuhkan sembelit
Kandngan serat pada bawang merah dapat membantu membuang racun dan partikel makanan keras yang terjebak dalam usus. Bagi anda yang menderita sembelit dapat mengkonsumsi bawang merah.

2. Mengatasi pendarahan (mimisan)
Bawang merah merupakan salah satu obat untuk mengobati pendarahan di hidung. Hanya dengan mengiris bawang merah dan hirup baunya secara perlahan. Atau dengan cara tuangkan 3 sampai 4 tetes jus bawang ke dalam hidung Anda. Bawang bersifat diuretik sehingga bisa menghentikan perdarahan.

3. Baik Untuk Penderita diabetes
Makan bawang merah mentah dapat meningkatkan produksi insulin. Bagi penderita diabetes, perbanyak konsumsi salad bawang secara teratur untuk mengontrol diabetes

manfaat bawang merah bagi kesehatan4. Menjaga Kesehatan Jantung
Bawang merah dapat mengontrol tekanan darah tinggi dan membuka arteri yang tersumbat. Konsumsi bawang merah mentah secara teratur dapat melindungi jantung dari bahaya penyakit koroner.

5. Mengontrol kadar kolesterol
Bawang merah juga dapat mengontrol kolesterol dengan mengurangi kolesterol jahat (LDL). karena mengandung sulfida methylallyl serta asam-amino sulfur yang dapat menurunkan kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik (HDL).

6. Mencegah kanker
Bawang merah memiliki banyak kandungan senyawa belerang. Sulfur dapat melindungi tubuh dari kanker lambung, payudara, paru-paru, usus, dan prostat. Makan bawang mentah juga membantu menyembuhkan gangguan saluran kemih. Jus bawang merah mentah menjadi salah satu cara terbaik untuk mencegah pertumbuhan kanker.

7. Menghilangkan ketombe
Kandungan belerang pada bawang merah sangat baik untuk menyembuhkan masalah terkait kulit kepala. Mengoleskan bawang merah yang telah dihaluskan ke kulit kepala membantu menyingkirkan ketombe secara alami.

8. Menghilangkan jerawat
Oleskan jus bawang merah yang sudah dicampur dengan jus lemon ke jerawat Anda. Sulfur alami dan sifat anti-inflamasi bawang akan menghilangkan jerawat.

9. Mengobati batuk
Bawang merah yang dijus bersama ekstrak jahe dan tulsi bisa menjadi obat herbal untuk mengatasi batuk. Bagi penderita batuk kering dan alergi, cobalah untuk minum jus ini setiap pagi.

10. Mencegah TBC
Jus bawang adalah obat tertua untuk membunuh kuman tuberkulosis. Minum jus bawang bisa jadi langkah pencegahan Anda terhadap TBC.

11. Membantu turunkan demam
Bawang merah akan menyerap panas dan menurunkan demam tinggi. Caranya dengan mengoleskan jus bawang merah di dahi.

12. Menyembuhkan nyeri sendi
Untuk menyembuhkan nyeri sendi, panaskan jus bawang dengan biji wijen, tunggu sampai tidak terlalu panas lalu oleskan pada sendi yang nyeri. Sifat anti-inflamasi pada bawang bisa membantu mengurangi rasa sakit radang sendi.

13. Mengobati sakit kuning
Rendam empat siung bawang merah dalam rendaman air lemon selama satu malam. Esok paginya, buatlah jus bawang merah ini dengan tambahkan sedikit garam dan lada. Ini adalah salah satu pengobatan rumah bagi para lansia yang menderita sakit kuning.

14. Menyembuhkan luka bakar
jika terkena luka bakar gunakanlah Jus bawang merah yang dioleskan di luka bakar. Ini berguna untuk mendinginkan luka bakar, mencegah lecet, dan tidak memungkinkan kulit yang terbakar bernanah dan terinfeksi.

15. Mengatasi batu ginjal
Campuran jus bawang yang dihangatkan dengan gula lalu diminum bisa membantu melarutkan dan mengurangi ukuran batu ginjal.

16. Mengobati infeksi kulit
Jika Anda memiliki infeksi kulit seperti eksim, maka jus bawang merah adalah obat alami terbaik untuk mengatasinya. Sifat anti-jamur pada bawang bisa mengatasi infeksi dengan sangat cepat.

17. Nyeri saat menstruasi
Jus bawang yang dicampur dengan gula merah merupakan salah satu cara mudah untuk mengatasi nyeri saat menstruasi.

18. Menghentikan diare
Oleskan bawang merah yang dihancurkan ke perut untuk membantu mengurangi panas perut dan menghentikan diare.

Sumber referensi :
http://health.detik.com/read/2013/08/26/143607/2340632/763/ketombe-dan-jerawat-tak-kunjung-hilang-atasi-dengan-bawang-merah
http://www.merdeka.com/sehat/6-khasiat-makan-bawang-merah-mentah.html

0 Response to "Manfaat Bawang Merah Bagi Kesehatan"

Post a Comment

Tinggalkan Komentar Anda