Kandungan Gizi dan Manfaat Paria (Pare) Bagi Kesehatan

Khasiat Paria Untuk Kesehatan. Paria (peria atau pare) merupakan salah satu sayuran yang rasanya pahit. Tumbuhan merambat ini berasal dari wilayah Asia Tropis, terutama daerah India bagian barat, yaitu Assam dan Burma dan termasuk dalam anggota suku labu-labuan atau Cucurbitaceae.

Buahnya mengandung albuminoid, karbohidrat, dan pigmen. Daunnya mengandung momordisina, momordina, carantina,resin, dan minyak. Sementara itu, akarnya mengandung asam momordial dan asam oleanolat, sedangkanbijinya mengandung saponin, alkaloid, triterprenoid, dan asam momordial. Peria juga dapat merangsang nafsu makan,menyembuhkan penyakit kuning,memperlancar pencernaan, dan sebagai obat malaria. Selain itu, peria juga mengandung beta-karotena dua kali lebih besar daripada brokoli sehingga berpotensi mampu mencegah timbulnya penyakit kanker dan mengurangi risiko terkena serangan jantung ataupun infeksivirus. Daun peria juga bermanfaat untuk menyembuhkan mencret pada bayi, membersihkan darah bagi wanita yang baru melahirkan, menurunkan demam, mengeluarkan cacing kremi, serta dapat menyembuhkanbatuk.

Baca Juga : Kandungan Nutrisi dan Manfaat Lada Bagi Kesehatan

Kandungan Gizi Pada 100 gr Pare seperti yang dilansir organisasi.org :

Bagian Pare yang dapat dikonsumsi (Bdd / Food Edible) = 77 %
Jumlah Kandungan Energi Pare = 29 kkal
Jumlah Kandungan Protein Pare = 1,1 gr
Jumlah Kandungan Lemak Pare = 0,3 gr
Jumlah Kandungan Karbohidrat Pare = 6,6 gr
Jumlah Kandungan Kalsium Pare = 45 mg
Jumlah Kandungan Fosfor Pare = 64 mg
Jumlah Kandungan Zat Besi Pare = 1 mg
Jumlah Kandungan Vitamin A Pare = 180 IU
Jumlah Kandungan Vitamin B1 Pare = 0,08 mg
Jumlah Kandungan Vitamin C Pare = 52 mg

Baca Juga : Manfaat Buah dan Air Kelapa Bagi Kesehatan

Khasiat pare (paria / peria) bagi kesehatan :

manfaat paria pare bagi kesehatan1.  Mencegah Diabetes
kandungan antidiabetes di dalam pare mampu mencegah resiko diabetes. Selain itu  kemampuan bioaktif yang terdapat pada biji sayuran pare sehingga mampu mencegah adanya peningkatan gula darah setelah makan.

2.  Mencegah Sel kanker
Pare mempunyai kemampuan untuk menangkal sel kanker dengan kandungan zat lesichin yang ternyata bermanfaat dalam meningkatkan kekebalan dan menangkal sel kanker di tubuh anda.

3.  Baik Untuk Diet
Dalam secangkir pare memiliki 16 kalori sehingga jika di konsumsi mampu mengontrol nafsu makan dan membuat perut terasa cepat kenyang.

4.  Membersihkan Darah
Pare memiliki kandungan zat yang mampu membersihkan darah anda. Sering mengkonsumsi jus pare dapat membantu anda dalam membersihkan darah.

5.  Membatasi Perkembangan HIV/AIDS
Kandungan protein alpha-momocharin atau MAP 30 pada pare ternyata mampu membatasi perkembangan HIV. Penelitian tersebut dilakukan pada beberapa pasien yang mengidap AIDS yang diberikan ekstrak pare dan hasilnya kekebalan tubuh pasien tersebut meningkat.

6.  Melancarkan Pencernaan
Sayuran pare kaya dengan kandungan serat, vitamin C, kalium dan karoten sehingga mampu mengatasi masalah pencernaan.

7.  Mengatasi Asma
Sebuah studi dengan konsumsi sayuran pare ternyata merespon indera pengecapan sehingga sel saluran pernapasan ikut aktif dan menyebabkan saluran pernapasan menjadi luas dan masuknya aliran udara yang kuat.

8.  Kecantikan
Kandungan vitamin c dalam pare dapat membantu dalam memelihara kecantikan anda selain itu ancaman efek buruk dari sinar ultraviolet dapat dicegah dengan mengkonsumsi sayuran pare.

Baca Juga : Manfaat Buah Mengkudu Bagi Kesehatan

9. Mengobati beberapa Penyakit
Seluruh bagian buah pare memiliki khasiatnya masing-masing, pare yang masih muda digunakan sebagai obat diabetes, gangguan pencernaan, obat malaria, penyakit kuning dan bronchitis. Daun Pare memiliki manfaat menyembuhkan batuk, menurunkan panas, mematikan cacing kremi dan mengobati bisul. Sedangkan akar pare sendiri dapat bermanfaat untuk mengobati disentri amuba dan wasir. Dan biji pare yang memiliki antioksidan tinggi berkhasiat menghambat pembentukan sel kanker dan mencegah penuaan dini.
Itulah beberapa manfaat dari buah pare (paria) semoga artikel ini bermanfaat.

Sumber referensi :
http://bidanku.com/pare-makanan-pahit-dengan-segudang-manfaat-bagi-wanita#ixzz2uLUaaVEE
http://id.wikipedia.org/wiki/Peria 
http://infomanfaat.com/873/7-manfaat-buah-pare-yang-luar-biasa/kesehatan 

0 Response to "Kandungan Gizi dan Manfaat Paria (Pare) Bagi Kesehatan"

Post a Comment

Tinggalkan Komentar Anda

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel