Kandungan Gizi dan Manfaat Kunyit Bagi Kesehatan

Kandungan Gizi dan Khasiat Kunyit. Selain digunakan sebagai bahan bumbu makanan, ternyata kunyit mempunyai beberapa manfaat yang luar biasa.  Kunyit mengandung energi sebesar 63 kilokalori, protein 2 gram, karbohidrat 9,1 gram, lemak 2,7 gram, kalsium 24 miligram, fosfor 78 miligram, dan zat besi 3 miligram.  Selain itu di dalam Kunyit juga terkandung vitamin A sebanyak 0 IU, vitamin B1 0,03 miligram dan vitamin C 1 miligram.  Hasil tersebut didapat dari melakukan penelitian terhadap 100 gram Kunyit, dengan jumlah yang dapat dimakan sebanyak 78 %.

Belakangan ini banyak produk-produk kecantikan dengan menggunakan bahan dasar kunyit. Hal tersebut tidak lain karena kunyit memang bermanfaat untuk kecantikan. Salah satunya untuk menghaluskan kulit dan menghilangkan noda hitam di wajah.

Baca Juga : Penelitian UGM Menemukan Senyawa Kurkunim Anti Kanker Dalam Kunyit

Kandungan Gizi Pada Kunyit :

Nama Bahan Makanan : Kunyit
Nama Lain / Alternatif : -
Banyaknya Kunyit yang diteliti (Food Weight) = 100 gr
Bagian Kunyit yang dapat dikonsumsi (Bdd / Food Edible) = 78 %
Jumlah Kandungan Energi Kunyit = 63 kkal
Jumlah Kandungan Protein Kunyit = 2 gr
Jumlah Kandungan Lemak Kunyit = 2,7 gr
Jumlah Kandungan Karbohidrat Kunyit = 9,1 gr
Jumlah Kandungan Kalsium Kunyit = 24 mg
Jumlah Kandungan Fosfor Kunyit = 78 mg
Jumlah Kandungan Zat Besi Kunyit = 3 mg
Jumlah Kandungan Vitamin A Kunyit = 0 IU
Jumlah Kandungan Vitamin B1 Kunyit = 0,03 mg
Jumlah Kandungan Vitamin C Kunyit = 1 mg
Khasiat / Manfaat Kunyit : - (Belum Tersedia)
Huruf Awal Nama Bahan Makanan : K 

Baca Juga : Manfaat Buah Jeruk Bagi Kesehatan

Berikut manfaat Kunyit Bagi Kesehatan

kandungan gizi dan manfaat kunyit bagi kesehatan1. Mencegah Penuaan
Kunyit yang dihaluskan untuk dijadikan sebagai bahan bedak ternyata mampu memerangi tanda penuaan.
Cara pemakaian : ambil beberapa bubuk kunyit, air hangat, dan campur hingga berbentuk pasta. Kemudian pakai ke tubuh Anda dan biarkan mengering. Lalu bersihkan dengan air hangat.

2. Obat jerawat
Kunyit dapat mengurangi bekas luka dan radang serta membuat sekresi minyak di bawah kontrol.
cara pemakaian : siapkan bubuk kunyit, beberapa tetes jus lemon dan air. Campur semuanya hingga berbentuk pasta, lalu oleskan ke daerah yang tempat yang bermasalah dan biarkan selama 15 menit. Pada akhirnya gosok dengan lembut bersama air biasa.

3. Mencegah Ketombe dan Rambut Rontok
Penelitian menunjukkan bahwa kunyit bisa meremajakan kulit kepala. Gunakanlah bubuk kunyit untuk kulit kepala yang berketombe dan gatal.

4. Mengatasi Tumit Retak
Bagi yang mengalami tumit retak, kunyit dapat mengatasi hal tersebut. Gunakan satu sendok teh minyak kelapa dengan satu sendok bubuk kunyit. Oleskan campuran ini pada tumit retak 10 menit sebelum mandi.

5. Obat kolesterol (lipiton atau atorvastatin)
Studi 2008 yang diterbitkan jurnal obat menemukan fakta, kurkuminoid dalam kunyit menurunkan peradangan dan stres oksidatif pada pasien diabetes tipe 2.

6. Obat steroid (kortikosteroid)
Studi pada 1999 yang diterbitkan Phytotherapy Research menemukan, polifenol utama dalam kunyit yang bewarna kuning bermanfaat untuk mengobati uveitis anterior kronis dan penyakit inflamasi mata.
Studi pada 2008 yang diterbitkan Critical Care Medicine menemukan, curcumin pada kunyit menjadi terapi alternatif untuk melindungi transplantasi paru-paru.

7. Antidepresan
Studi 2011 yang diterbitkan jurnal Acta Poloniae Pharmaceuticamenemukan, curcumin bisa mengurangi perilaku depresi.

8. Pengencer darah (aspirin)
Studi 1986 yang diterbitkan jurnal Arzneimittelforschung menemukan, curcumin bermanfaat bagi pasien yang rentan terhadap trombosis vaskular.

9. Obat anti-inflamasi
Studi 2004 dalam jurnal Onkogen menunjukkan, curcumin menjadi alternatif pengganti aspirin, sulindac, fenilbutazon, naproxen, indometasin, diklofenak, deksametason celecoxib, dan tamoxifen dalam mengerahkan aktivitas anti-inflamasi dan anti-proliferasi terhadap sel tumor.

10. Obat kemoterapi (Oxaliplatin)
Studi 2007 yang diterbitkan International Journal of Cancer menemukan, curcumin mengurangi risiko kanker.

11. Obat diabetes (Metformin)
Studi 2009 yang diterbitkan Biochemitry and Biophysical Research Community menunjukkan, curcumin berkhasiat mengobati diabetes, meningkatkan penyerapan glukosa, dan menekan produksi glukosa dalam hati dalam sel hepatoma. Menariknya, curcumin memiliki 100 ribu kali kekuatan untuk melakukannya.

12. Mencegah Alzheimer
Dalam kunyit terdapat kandungan yang berfungsi sebagai antioksidan dan anti-inflamasi. Dengan mengkonsumsinya secara rutin maka anda dapat terhindar dari penyakit Alzheimer, sebuah penyakit yang akan bermasalah dengan ingatan dan cara berfikir.

13. Mengobati Tifus
Anda bisa membuat obat tifus dengan kunyit, caranya yakni dengan menumbuk 2 rimpang kunyit yang dicampurkan dengan 1 bonggol sere dan 1 lembar daun sambiloto. Setelah halus tambahkan 1 gelas air matang, saring dan minum ramuan tersebut selagi masih hangat.

14. Mencegah kanker
Antioksidan yang terkandung dalam kunyit bermanfaat untuk mencegah kerusakan dan mutasi sel. Selain itu terdapat juga kandungan kurkumin, dimana kandungan ini bermanfaat untuk mencegah pertumbuhan kanker seperti kanker perut, kanker usus, dan kanker kulit.

15. Mengurangi resiko diabetes
Kandungan kurkumin dalam kunyit juga bermanfaat untuk mengurangi resistansi insulin. Sehingga membuat kandungan kadar glukosa dalam darah anda bisa dikendalikan, dengan begitu anda akan terhindar dari diabetes.

Baca Juga : Manfaat Buah Kurma Bagi Kesehatan

16. Mencegah anemia
Anemia merupakan penyakit kurangnya sel darah merah. Salah satu penyebab anemia yakni kurangnya zat besi, karena zat besi merupakan komponen penting dalam pembentukan sel darah merah tersebut. Untuk menghindari anemia anda bisa mengkonsumsi kunyit secara rutin.

17. Melancarkan pencernaan
Kandungan minyak atsiri dan kurkumin dalam kunyit bermanfaat untuk mengatasi gangguan pencernaan.

Sumber referensi :
http://health.liputan6.com/read/740985/5-manfaat-kunyit-buat-kecantikan
http://www.organisasi.org/1970/01/isi-kandungan-gizi-kunyit-komposisi-nutrisi-bahan-makanan.html
http://www.republika.co.id/berita/gaya-hidup/info-sehat/13/12/02/mx5j4q-tujuh-khasiat-dahsyat-kunyit

http://kesehatan-n-kecantikan.blogspot.com/2013/12/manfaat-kunyit-untuk-kesehatan-dan-obat.html

0 Response to "Kandungan Gizi dan Manfaat Kunyit Bagi Kesehatan"

Post a Comment

Tinggalkan Komentar Anda