Pengertian Asam Jawa (Tamarind) dan Kandungan Gizinya

Pengertian Asam Jawa dan Kandungan Gizinya. Asam jawa, asam atau asem adalah sejenis buah yang masam rasanya biasa digunakan sebagai bumbu dalam banyak masakan Indonesia sebagai perasa atau penambah rasa asam dalam makanan, misalnya pada sayur asam atau kadang-kadang kuah pempek. Daging buah asam jawa sangat populer, dan digunakan dalam aneka bahan masakan atau bumbu di berbagai belahan dunia. Buah yang muda sangat masam rasanya, dan biasa digunakan sebagai bumbu sayur asam atau campuran rujak

Pohonnya bernama ilmiah Tamarindus indica, termasuk ke dalam suku Fabaceae (Leguminosae). Spesies ini adalah satu-satunya anggota marga Tamarindus. Nama lain asam jawa adalah asam (Mly.), asem (Jw., Sd.), acem (Md.),asang jawa, asang jawi (berbagai bahasa di Sulawesi) dan lain-lain. Buah yang telah tua, sangat masak dan dikeringkan biasa disebut asem kawak.

Baca Juga : 10 Manfaat Asam Jawa (Tamarind) Untuk Kesehatan

Pohon asam berukuran besar dan biasa mencapai sampai ketinggian 30m. Asam jawa termasuk tumbuhan tropis. Asal-usulnya diperkirakan dari savana Afrika timur di mana jenis liarnya ditemukan, salah satunya di Sudan. Semenjak ribuan tahun, tanaman ini telah menjelajah ke Asia tropis, dan kemudian juga ke Karibia dan Amerika Latin. Di banyak tempat yang bersesuaian, termasuk di Indonesia, tanaman ini sebagian meliar seperti di hutan-hutan luruh daun dan savana.

Pohon asam dapat tumbuh baik hingga ketinggian sekitar 1.000 m (kadang-kadang hingga 1.500 m) dpl, pada tanah berpasir atau tanah liat, khususnya di wilayah yang musim keringnya jelas dan cukup panjang.

Klasifikasi Ilimiah

Klasifikasi ilmiah
Kerajaan:
Plantae
Divisi:
Magnoliophyta
Kelas:
Magnoliopsida
Ordo:
Fabales
Famili:
Fabaceae
Upafamili:
Caesalpinioideae
Bangsa:
Detarieae
Genus:
Tamarindus
Spesies:
T. indica
Nama binomial
Tamarindus indica
L.

Tabel Kandungan Nutrisi Yang Terdapat Pada Asam Jawa Per 100 gram

Kalori 239
Nilai Harian (%)*
Jumlah Lemak 0.6 g
0%
Lemak Jenuh 0.3 g
1%
Lemak Tak Jenuh Ganda 0.1 g
Lemak Tak Jenuh Tunggal 0.2 g
Kolesterol 0 mg
0%
Sodium 28 mg
1%
Kalium 628 mg
17%
Jumlah Karbohidrat 62 g
20%
Serat Pangan 5 g
20%
Gula 57 g
Protein 2.8 g
5%
Vitamin A
0%
Vitamin C
5%
Kalsium
7%
Besi
15%
Vitamin D
0%
Vitamin B-6
5%
Vitamin B-12
0%
Magnesium
23%
* Nilai Persen harian berdasarkan diet 2.000 kalori. Nilai harian Anda mungkin lebih tinggi atau lebih rendah tergantung pada kebutuhan kalori Anda
Sources include: USDA

Sumber referensi :

http://id.wikipedia.org/wiki/Asam_jawa

0 Response to "Pengertian Asam Jawa (Tamarind) dan Kandungan Gizinya"

Post a Comment

Tinggalkan Komentar Anda