Cegah Diabetes Dengan Ekstrak Kentang

Cegah Diabetes Dengan Ekstrak Kentang
kentang | foto:zeenews
Manfaat ekstrak kentang untuk mencegah diabetes. Menurut hasil penelitian dari para peneliti McGill University di Kanada mengatakan bahwa ekstrak kentang sangat bermanfaat untuk mecegah obesitas dan kolesterol tinggi.


Dilansir lifestyle okezone, Sebenarnya kentang memiliki kandungan karbohidrat tinggi. Namun pada ekstrak kentang memiliki konsentrasi tinggi polifenol yang merupakan komponen kimia yang bermanfaat bagi tubuh dan juga sering ditemukan dalam sayuran dan buah.

"Kami pikir ini tidak bisa terjadi. Pada kenyataannya kami lakukan lagi percobaan menggunakan bagian yang berbeda ekstrak dari kentang yang tumbuh di musim lain," kata salah seorang peneliti Agellon, seperti dilansir lifestyle okezone.

Peneliti melakukan percobaan pada tikus-tikus yang diet akibat obesitas dengan hanya memberi makan ekstrak kentang selama dalam waktu seminggu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tikus yang awalnya memiliki berat rata-rata 25 gram, setelah 10 minggu rata-rata beratnya menjadi 16 gram. Tikus yang melakukan diet ekstrak kentang jauh lebih sedikit mengalami kenaikan berat badan, selisihnya bisa sampai tujuh gram lebih.

"Dosis harian ekstrak berasal dari 30 kentang, tapi tentu saja kami tidak menyarankan siapa pun untuk memakan 30 kentang sehari," ujar penulis utama studi, Stan Kubow.


Namun, peneliti menyarankan adanya uji klinis lanjutan untuk membuktikan lebih lanjut dan dengan fakta yang lebih tepat. Dan juga mengenai penentuan dosis optimal untuk pria dan wanita yang juga perlu ditentukan, karena metabolisme pria dan wanita yang berbeda.

0 Response to "Cegah Diabetes Dengan Ekstrak Kentang"

Post a Comment

Tinggalkan Komentar Anda