Buah dan Sayuran Yang Tidak Bikin Gemuk Saat Dimakan Berlebihan

Buah dan Sayuran Yang Tidak Bikin Gemuk Saat Dimakan Berlebihan
mentimun (foto:fastcodesign.com)
Buah dan Sayuran Yang Tidak Bikin Gemuk Saat di Makan Berlebihan. Sebagian orang menjalani diet dengan rutin mengonsumsi buah-buahan. Namun konsumsi buah juga harus diperhatikan, karena beberapa buah dan sayur tertentu juga dapat membuat gemuk.


Dibawah ini ada beberapa jenis buah dan sayur yang tidak menyebabkan gemuk saat dimakan secara berlebihan. Yuk lihat dibawah ini seperti yang dilansir health liputan 6.
Sebagai catatan, kalori yang tercantum di masing-masing daftar makanan ini untuk per 100 gram.

1. Mentimum

Mentimun mengandung kalori sebesar 16 kcal. Ahli Gizi di NutriCentre, London, Inggris, Daisy Connor, mengatakan bahwa mentimun mengandung asam askorbat dan caffeic acid yang dapat membantu mencegah retensi air. Sehingga jika dikonsumsi dalam jumlah banyak, tidak terjadi masalah.

2. Asparagus

Asparagus hanya mengandung 20 kalori dan itu bermanfaat sebagai detoksifikasi. Selain itu juga mengandung nutrisi diuretik yang dapat membantu mengeluarkan racun. Sehingga, makan asparagus berlebih tidak akan membuat berat badan naik. Tetapi dapat membantu Anda meningkatkan tingkat metabolisme Anda.

3. Kembang kol

Kembang kol tinggi akan kandungan vitamin C dan mengandung 25 kalori. Dan baiknya kembang kol tidak mengandung lemak. Kembang kol merupakan sumber serat paling baik dan kaya akan vitamin K. Menyantapnya dalam kondisi dikukus atau mentah (asal dibersihkan dengan benar), maka sejumlah manfaat itu akan didapat.

4. Tomat

Tomat kaya akan kandungan lycopene dan hanya mengandung 18 kalori. Menurut Daisy, tomat yang dimasak dan disantap memiliki manfaat seperti statin yang baik bagi pasien yang sedang melawan kadar kolesterol tinggi atau tekanan darah tinggi.

5. Pepaya

Pepaya segar mengandung 43 kcal dan vitamin C yang terdapat di buah pepaya sama seperti yang ada di jeruk. Buah pepaya mengandung 15 kali lebih banyak antioksidan beta-cryptoxanthin. Antioksidan tersebut sangat bermanfaat bagi mereka yang berisiko mengalami polyarthritis (kondisi yang memengaruhi kesehatan sendi). Selain itu, serat yang terkandung di dalam buah pepaya berguna memerangi sembelit.

6. Cabai

Cabai mengandung 40 kalori dan mengandung capsaicin. Tumbuhan pedas ini memiliki kemampuan untuk meningkatkan tingkat metabolisme yang nantinya akan membakar lebih banyak kalori setelah Anda memakannya.

7. Apel hijau

Terdapat 52 kalori dalam apel hijau. Buah ini juga kaya akan serat makanan, dan membantu Anda kenyang lebih lama.

Sebuah penelitian yang diterbitkan di dalam ISRN Obesity pada 2013 menyebutkan bahwa serat mampu meningkatkan rasa kenyang, mengurangi rasa lapar berlebihan, dan bermanfaat untuk menurunkan berat badan.


Itulah buah dan sayuran yang jika dimakan berlebih tidak akan membuat anda menjadi gemuk. Semoga bermanfaat.

0 Response to "Buah dan Sayuran Yang Tidak Bikin Gemuk Saat Dimakan Berlebihan"

Post a Comment

Tinggalkan Komentar Anda