10 Fakta Kesehatan Berbuka Puasa Dengan Kurma

10 Fakta Kesehatan Berbuka Puasa Dengan Mengonsumsi Kurma
kurma (photo:organicfacts)
Berbuka puasa identik dengan memakan buah kurma. Buah yang berasal dari timur tengah ini memiliki rasa khas yang manis. Banyak diantara umat muslim mengonsumsi buah ini saat berbuka dan bahkan Rasulullah SAW pun berbuka dengan buah ini.

Selain digunakan sebagai menu pembuka, ternyata buah ini memiliki manfaat luar biasa. Nah daripada penasaran yuk simak fakta kesehatan berbuka puasa dengan buah kurma seperti yang dilansir merdeka.com.

Penambah energi

Dengan berpuasa, energi dalam tubuh berkurang dan untuk memulihkannya dapat berbuka puasa dengan mengonsumsi kurma. Buah ini dapat meningkatkan energy karena kaya akan glukosa, fruktosa, dan sukrosa.




Mengurangi kolesterol

Ketika berpuasa, tubuh mengeluarkan racun terus-menerus. Dedngan memakan kurma dapat membantu proses mengeluarkan kolesterol jahat dari tubuh sehingga hati dan otak Anda menjadi sehat.

Membunuh infeksi

Dari beberapa jenis kurma ada yang mampu membunuh infeksi bakteri dalam tubuh. Tidak hanya itu, kurma juga sebagai antibiotik yang kuat. Hal ini dibuktikan oleh penelitian yang menyebutkan bahwa kurma sama efektifnya dengan antibiotik penisilin.

Cegah Sembelit

Kurma banyak mengandung serat yang dapat menjaga sistem pencernaan, sehingga dapat mencegah sembelit. Makan kurma juga dapat meningkatkan gerakan peristaltik yang penting untuk mengeluarkan kotoran dari dalam usus besar.

Memperkuat tulang

Kurma dapat memperkuat tulang karena tingginya akan kandungan mineral seperti tembaga, selenium, magnesium, dan kalsium.

Mencegah kanker

Kurma mengandung zat antioksidan yang dapat menghilangkan radikal bebas dan racun dari dalam tubuh. Kurma berfungsi untuk mendetoksifikasi sel-sel kanker serta dapat mencegah penuaan dini.

Mengobati anemia

Makan kurma secara rutin dapat membantu pembentukan hemoglobin yang penting untuk kesehatan sel darah merah dan sirkulasi oksigen dalam tubuh sehingga mampu mengobati anemia.

Mencegah stroke

Kurma dapat mencegah stroke dan serangan jantung. Hal ini karena kurma tinggi akan magnesium yang baik untuk kesehatan jantung dan pembuluh darah.

Memperkuat kehamilan

Ibu hamil yang sedang berpuasa dapat mengonsumsi kurma untuk menjaga kesehatan sirkulasi dan sistem tubuh.

Mengurangi tekanan darah

Kurma dapat mengurangi tekanan darah tinggi. Jadi jika anda menderita tekanand arah tinggi sebaiknya mengonsumsi kurma. Kurma mengandung kalium dan magnesium yang dapat menormalkan tekanan darah.

Nah bagaimana? Apakah anda tertarik untuk mengonsumsi kurma saat berbuka puasa?

1 Response to "10 Fakta Kesehatan Berbuka Puasa Dengan Kurma"

Tinggalkan Komentar Anda