8 Sayuran Yang Dapat Meningkatkan ASI Ibu Meyusui

8 Sayuran Yang Dapat Meningkatkan ASI Ibu Meyusui
edamame @wikipedia
ASI merupakan salah satu sumber makanan yang sangat penting untuk bayi. Dan bahkan manfaat ASI tidak dapat digantikan oleh produk susu olahan lainnya. ASI sebaiknya di berikan kepada Bayi hingga ia berumur 2 tahun. Namun ada beberapa ibu, yang tidak bisa memberikan mereka ASI kepada bayinya karena cairan ASI mereka kurang lancar.

Ada beberapa cara untuk meningkatkan ASI pada ibu menyusui, caranya adalah dengan pijatan maupun dengan makanan yang dikonsumsi. Nah dibawah ini adalah salah satu cara meningkatkan asi dengan memakan makanan alami, sehingga anda tidak perlu ragu akan efek sampingnya.

Biji fenugreek

Biji fenugreek (kelabat) ketika dikonsumsi dipercaya dapat merangsang hormon pertumbuhan payudara dan meningkatkan produksi ASI. Hal ini karena dalam biji kelabat tersebut mengandung beberapa sumber nutrisi yang dapat meningkatkan ASI sebanyak 90%. Beberapa nutrisi yang terkandung didalamnnya adalah zat besi, vitamin, kalsium dan mineral.

Bawang putih

Sebuah penelitan yang diterbitkan dalam journal of Pediatric Research menunjukkan bahwa bawang putih bisa meningkatkan produksi ASI dan nafsu makan bayi. Dan bawang putih sendiri sudah menjadi pengobatan kuno terbaik untuk meningkatkan ASI.

Kacang-kacangan

Almond, mete dan beberapa kacang-kacangan yang lain sangat ideal untuk meningkatkan ASI. Dalam kacangan terdapat banyak protein, vitamin dan mineral yang baik untuk dikonsumsi dan membantu meningkatkan laktasi.

Edamame dan kedelai

Edamame (kedelai Jepang) merupakan salah satu sumber protein nabati. Selain itu juga mengandung vitamin K, mangan, asan folat, vitamin C, riboflavin, zat besi, magnesium, fosfor, dan kalium. Kedelai jepang ini sangat baik untuk memenuhi kebutuhan protein harian ibu menyusui.
Ibu menyusui yang sedang bosan makan ikan, unggas atau daging yang merupakan sumber protein, dapat mengonsumsi edamame untuk menggantikan asupan protein. Kekurangan protein bisa membuat produksi air susu berkurang dan cadangan protein dalam tubuh pun akan ikut berkurang.

Pare

Pare dan labu botol merupakan makanan populer untuk meningkatkan ASI. Kedua sayuran tersebut merupakan sumber vitamin dan mineral yang dapat meningkatkan laktasi wanita.

Bayam

Bayam merupakan salah satu sumber mineral dan vitamin serta phytoestrogen yang diyakini untuk meningkatkan laktasi. Beberapa nutrisi yang terkandung dalam bayam adalah vitamin B6, protein, thiamin, asam folat, kalsium, kalium dan Vitamin. Kandungan vitamin B6 dalam bayam akan membantu dalam menyediakan persedian produksi ASI. Selain itu sayuran bayam juga merupakan sumber asam folat yang sangat penting untuk ibu menyusui.

Daun katuk

Kandungan laktagagum pada daun katuk dipercaya dapat meningkatkan produksi ASI. Cara ini sudah digunakan secara turun temurun. Selain itu juga terdapat kandungan steroid dan polifenol pada daun katuk yang dapat meningkatkan kadar prolaktin yang baik untuk kesehatan anda dan peningkatan kadar hormon dengan cara mengkonsumsi daun katuk yang tepat.

Bunga Pepaya

Bunga pepaya terkenal dengan rasanya yang pahit. Namun ternyata bunga pepaya ini sangat baik untuk meningkatkan ASI ibu menyusui. Dalam bunga pepaya tersebut terdapat kandungan vitamin, vitamin C,  kalsium dan fosfor. Baik untuk mempercepat proses pencernaan protein karena adanya enzim papain. Enzim tersebut berguna untuk memecah protein yang dikonsumsi, sehingga cocok untuk ibu menyusui karena saat menyusui dibutuhkan protein sekitar dua kali lipat dibanding kebutuhan normal.

Sumber referensi :
http://jabar.tribunnews.com/2015/09/09/hai-wanita-agar-asi-anda-subur-dan-lancar-konsumsi-daftar-makanan-ini?page=4 diakses tanggal 11 september 2015

0 Response to "8 Sayuran Yang Dapat Meningkatkan ASI Ibu Meyusui"

Post a Comment

Tinggalkan Komentar Anda